subhanallah inilah Tujuh Amalan Jariyah Pendatang Pahala Hingga Kiamat...baca selengkap....!!!!



Setiap orang yang beriman selalu kerjakan amalan-amalan kebaikan  supaya nantinya mereka bisa memperoleh balasan surga di akhirat nantinya. Seringkali diantara mereka yang mengumpulkan pahala dengan lakukan amal jariyah.

Tujuh Amalan Jariyah Pendatang Pahala Sampai Kiamat Amal jariyah sendiri disimpulkan sebagai amalan yang selalu mengalir pahalanya meskipun orang yang lakukan amalan itu telah tidak ada didunia. Beberapa orang hanya tahu tiga perbuatan yang menghadirkan pahala yang tidak terputus, yaitu sedekah jariyah, pengetahuan yang berguna, doa anak yang shaleh.

Tetapi nyatanya, terkecuali tiga amal itu ada tujuh amalan jariyah lagi yang harusnya di ketahui oleh umat muslim. Apa saja amalan jariyah yang disebut? Di bawah ini info selengkapnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di antara amal kebaikan yang menghadirkan pahala sesudah orang yang mengerjakannya meninggal dunia adalah pengetahuan yang disebarluaskannya, anak soleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibina, rumah yang dibina untuk penginapan orang yang tengah dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kebutuhan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya “ (HR. Ibnu Majah).

1. Pengetahuan yang Disebarluaskan
Amalan jariyah pertama yang pahalanya selalu mengalir yaitu dengan menebarluaskan pengetahuan. Sudah pasti pengetahuan yang disebarkan ini sebaiknya ilmu dan pengetahuan yang berguna. Penyebarluasannya sendiri dapat dikerjakan lewat pendidikan resmi, maupun pendidikan tidak resmi. Umumnya pengetahuan yang disebarkan dengan cara tidak resmi bisa dikerjakan waktu pembicaraan ilmiah, tazkirah di masjid, ceramah umum, pelatihan motivasi serta lain sebagainya. Terkecuali berkomunikasi secara segera, pengetahuan dapat juga disebarkan lewat tulisan di buku-buku, menulis kitab-kita agama, dan status yang berguna di media sosial seperti facebook maupun berikan info di situs (blog).

2. Anak Soleh yang Ditinggalkan
Keharusan sebagai orangtua yaitu mendidik buah hati mereka dengan pengetahuan agama. Terdapat beberapa manfaat bila orang-tua mempunyai anak yang shaleh. Mereka bakal selalu berbuat kebaikan didunia dan mendoakan kedua orangtuanya.

Berdasarkan penjelasan hadis diatas, kebaikan yang dikerjakan oleh anak yang shaleh pahalanya akan hingga pada orangtua yang mendidiknya meskipun mereka sudah tidak ada tanpa ada kurangi pahala yang didapat si anak. Diluar itu, doa dari anak yang shaleh pada orangtuanya mustajab di sisi Allah SWT.

3. Mushaf (Kitab-Kitab Agama) yang Diwariskannya
Amalan jariyah setelah itu yaitu mewariskan mushaf atau kitab-kita agama. Mengenai contoh kitab yang dapat diwariskan itu diantaranya kita suci Al-Qur’an, kitab tafsir Al-Qur’am, atapun buku agama. Supaya menghadirkan amal jariyah, kitab itu mesti diserahkan pada beberapa orang yang memakainya untuk kebaikan dianya serta oranglain. Pada saat kitab-kitab itu dipakai sebagai bahan bacaan dan rujukan, jadi pahala akan selalu mengalir untuk orang yang mewakafkannya.

4. Masjid yang Dibina
Terkecuali mewariskan kitab atau buku, amalan jariyah dapat juga didapat dari masjid yang di bangun dan dibinanya semasa hidup termasuk mewakafkan tanah untuk bangun masjid. Perkara ini sesuai sama sabda Rasulullah SAW yang berarti : “ " Barangsiapa yang bangunkan satu masjid kerana Allah walaupun sekecil apapun, jadi Allah bakal bangunkan untuk dia satu rumah di syurga " (Hadis Kisah Bukhari serta Muslim).

Oleh karenanya, orang yang membina masjid itu akan terima pahala seperti pahala yang didapat orang yang kerjakan amalan kebaikan atau beribadah di masjid itu. Bahkan juga, bukan sekedar pahala yang selalu mengalir baginya, tetapi Allah SWT akan bangunkan tempat tinggal baginya di surga nantinya.

5. Rumah yang Dibina untuk Penginapan Orang yang Tengah dalam Perjalanan
Nyatanya mempunyai bisnis penginapan dapat juga menghadirkan pahala yang tidak ada putus-putusnya untuk mereka yang bangun. Terlebih untuk mereka yang bangun rumah untuk musafir atau beberapa orang yang lakukan perjalanan di jalan Allah.

Bila ada orang yang memakai penginapan itu, baik untuk beristirahat maupun menginap dan kepentingan yang lain kecuali berbuat maksiat, jadi akan mengalirlah pahala pada orang yang sediakan penginapan itu.

6. Sungai yang Dialirkannya untuk Kebutuhan Orang Ramai
Sungai memanglah jadi satu diantara keperluan untuk beberapa orang. Walau demikian, pencemaran di sungai serta sulitnya menghadirkan air bersih selanjutnya bikin beberapa orang berpikir untuk menggali satu sumur.

Tenyata, jika seseorang muslim mengalirkan atau berbagi air pada mereka yang memerlukan akan menghadirkan pahala baginya. Bahkan juga sesudah orang itu wafat dunia dan air itu tetaplah mengalir dan terbangun dari pencemaran serta dapat digunakan oleh orang lain, jadi mengalir juga lah pahala untuk orang yang membuatnya.

Bila makin beberapa orang yang memakai air itu, jadi bakal makin banyak juga pahala yang didapat di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa yang bikin satu telaga/danau lantas airnya diminum oleh jin atau burung yang kehausan, jadi Allah akan memberikannya pahala nantinya di hari kiamat. " (Hadis Riwaya Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah).

7. Harta yang Disedekahkannya
Amal jariyah yang paling akhir yakni menyedekahkan beberapa hartanya. Tetapi, hal sebagai perhatian yaitu sedekah itu mesti diberikan secara ikhlas. Terkecuali sedekah harta, dapat juga mewakafkan tanah untuk pembangunan sekolah pendidikan Islam, tempat tinggal yatim piatu, maahad tahfiz, tanah perkuburan serta lain sebagainya.

Terkecuali tanah itu dipakai untuk kebaikan, jadi pahalanya bakal selalu mengalir pada orang yang memberi tanah wakaf itu. Sedekah dapat juga jadikan sebagai pemberi syafaat untuk yang mengerjakannya. Didalam pendam nantinya ia bakal memperoleh kesejukkan karena sedekahnya dan terlepas dari panasnya pendam. Sedang di hari kiamat nantinya, ia bakal memperoleh naungan dari sedekahnya itu.

Nabi SAW bersabda " Sebenarnya sedekah itu betul-betul bisa memadamkan panasnya siksa pendam untuk pelakunya, sebenarnya orang mukmin nantinya di hari kiamat hanya bernaung di bawah naungan sedekahnya. (Hadis Kisah Al-Tabrani).

Sekianlah penjelasan tentang tujuh amalan jariyah yang menghadirkan pahala sampai hari kiamat. Sebagai umat muslim, semestinya kita selalu kerjakan amalan-amalan itu. Terkecuali supaya memperoleh pahala dari Allah SWT, akan menghadirkan faedah untuk orang lain didunia.




sumber : http://tausiahagamaislam.blogspot.com/2016/02/tujuh-amalan-jariyah-pendatang-pahala.html
subhanallah inilah Tujuh Amalan Jariyah Pendatang Pahala Hingga Kiamat...baca selengkap....!!!! subhanallah inilah Tujuh Amalan Jariyah Pendatang Pahala Hingga Kiamat...baca selengkap....!!!! Reviewed by Unknown on 00.20 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.